UHAMKA
Sistem Manajemen Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka

Luaran Penelitian Publikasi Jurnal

Detail Publikasi Jurnal

Personil Penulis
Nama Dosen: Dr. Ervin Azhar M.Pd
NIDN: 0322057201
Program Studi: S2 Pendidikan Matematika
Keanggotaan: anggota
Personil Penulis
Nama Dosen: Dr. Khoerul Umam, M.Pd
NIDN: 0323048901
Program Studi: S1 Pendidikan Matematika
Keanggotaan: ketua
Data Publikasi Jurnal
Jenis Publikasi : Nasional Terakreditasi
Judul: PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUAL)
Nama Jurnal: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia
Abstrak: Pengembangan pemahaman konsep matematika yang baik akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pendekatan SAVI menawarkan suatu konsep pembelajaran matematika yang integratif dengan mengintegrasikan banyak aspek. Penelitian ini dirancang dengan desain kuasi eksperimen. Subjek penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 36 siswa sedangkan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa. Analisis data menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil studi menunjukkan siswa yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan SAVI mengalami peningkatan pemahman konsep matematis secara siginifikan. Laporan hasil studi menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk mengkonstruksi masalah melalui pemahaman konsep yang baik. Siswa yang diajarkan oleh pendekan SAVI memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah melalui konstruksi konsep matematika
ISSN : 2477-5967
Volume : 4
Nomor : 2
Halaman : 53 - 57
URL : journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/1038/pdf
Tahun Kegiatan : 2019
Berkas : Download