Jenis Publikasi : | Nasional Terakreditasi |
Judul: |
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING |
Nama Jurnal: |
Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia |
Abstrak: |
Kemampuan berpikir kritis matematis siswa berperan penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi-eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 36 orang untuk kelas eksperimen dan 36 orang untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes essay yang telah didesain untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan reciprocal teaching dan (2) hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,73 > ttabel 1,67 dapat diinterpretasi bahwa Model Pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki pengaruh terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. |
ISSN : | 2477-5967 |
Volume : | 3 |
Nomor : | 2 |
Halaman : | 57 - 61 |
URL : | http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/807 |
Tahun Kegiatan : | 2018 |
Berkas : | Download |