UHAMKA
Sistem Manajemen Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka

Manajemen Kinerja Penelitian Mandiri

Data Penelitian Mandiri

Personil Dosen
Nama Dosen: Prof. Dr. Suswandari, M.Pd
NIDN: 0020116601
Program Studi: S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Data Penelitian Mandiri
Judul Penelitian: DINAMIKA SEJARAH TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL DI PROVINSI MALUKU
Tahun Kegiatan : 2019
Lokasi Penelitian : PROVINSI MALUKU
Anggaran : Rp. 56.000.000,-
Sumber Dana : Non-Pemerintah
Abstrak : Peran dan Kontribusi ‘Aisyiyah bagi bangsa dan negara Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Provinsi Maluku yang merupakan salah satu wilayah multikultur dengan konflik agamanya yang hingga kini masih terasa, merupakan salah satu wilayah yang merasakan kiprah dari ‘Aisyiyah, terutama melalui keberadaan TK ‘Aisyiyah. Tujuan penelitian ini adalah a) Membahas latar belakang pendirian TK ‘Aisyiyah tertua di Provinsi Maluku dan keadaan pertama TK sa’at didirikan, meliputi keadaan siswa, guru, kepala sekolah dan sarana prasarana serta dukungan masyarakat pada saat pendirian; b) Menganalisis keunggulan dari TK ‘Aisyiyah tertua di Provinsi Maluku; c) Memaknai latar belakang pendirian dan upaya-upaya membangun keunggulan.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat langkah ialah (1) heuristik, yaitu proses pengumpulan data dengan menelusuri sumber, dalam hal ini melalui proses wawancara dengan pengurus TK ‘Aisyiyah dan perwakilan PWA Maluku serta penelusuran dokumen dari TK dan PWA Maluku. (2) verifikasi yaitu proses pemilahan data dengan melakukan kritik sumber secara intern dan ekstern, dalam kegiatan inilah dilakukan proses Validitas Data. (3) interpretasi yaitu proses menafsirkan data yang diperoleh dari hasil verifikasi, dalam kegiatan ini peneliti mengacu pada prinsip multidisipliner yaitu dengan melihat kembali teori dari berbagai disiplin ilmu yang terkait. (4) historiografi yaitu penulisan, yang merupakan langkah terakhir dalam metode sejarah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK ‘Aisyiyah pertama di Kota Ambon yaitu TK ‘Aisyiyah I merupakan lanjutan dari TK Islam yang juga didirikan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku. TK Islam I berdiri pada tahun 1952 dan berganti nama menjadi TK ‘Aisyiyah I pada tahun 1972 dengan Kepala Sekolah pertama adalah Ibu Rahima Latuconsina. Latar belakang pendirian TK adalah untuk memberikan kesempatan pada warga muslim di Kota Ambon untuk menyekolahkan anaknya di lembaga formal yang memiliki nilai-nilai Islam.
Sejak awal pendiriannya, TK ‘Aisyiyah I berkembang menjadi TK yang multikultur dan toleran, oleh karena itu murid TK ini berasal dari berbagai etnis dan agama. TK ini berhasil menarik minat warga kota Ambon karena merupakan satu-satunya TK berasaskan nilai Islam di Ambon, dekat dengan pemukiman muslim, memiliki banyak prestasi, dan menggunakan kurikulum 2013 yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam.
Kata Kunci: TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal, Sejarah TK, Provinsi Maluku
Berkas : Download